Home » » Sukses Ternak Kenari di Musim Pancaroba

Sukses Ternak Kenari di Musim Pancaroba

Pada bulan-bulan pergantian musim di negara kita sering terjadi berbagai penyakit yang mewabah. Kebanyakan disebabkan oleh karena cuaca yang sangat ekstrim menjelang pergantian musim. Panas sekali saat siang hari dan dingin saat malam hari. Ini bisa jadi mengakibatkan perubahan kondisi tubuh manusia dan perlu adaptasi yang baik. Ini juga berlaku untuk perilaku dan kondisi hewan, khususnya burung kenari. Karena beberapa relasi, merasa pada saat perubahan cuaca ini sering gagal bertelur dan gagal dalam pembesaran anakan.


Berikut ini tips untuk mengatasi kegagalan ternak burung kenari yang disebabkan oleh perubahan cuaca atau iklim yang sangat ekstrim. Ada beberapa kendala seputar ternak burung yang gagal pada masa-masa ini.

1. Burung jadi susah untuk dikawinkan (bisa juga baca : tips mengawinkan kenari) karena perubahan kondisi tubuh yang disebabkan karena cuaca.

2. Burung jadi kurang fit dan lemah bahkan bisa terserang penyakit. Atasi hal ini dengan memberikan makanan dan minuman suplemen tambahan. Sayur Gambas salah satunya. Sayuran jenis ini memberikan banyak cairan untuk menjaga tubuh burung.

3. Ruangan yang dipakai untuk ternak sebaiknya diperbaiki dengan cara memberikan sedikit ruang untuk ventilasi udara keluar. Diharapkan jangan langsung keluar ke pekarangan atau ke luar halaman. Selain itu pastikan atap ruangan terbuat dari genting tanah, jangan seng atau asbes. Dan juga pasang eternit di bawah genting untuk menyerap panas waktu siang dan menahan dingin saat malam.

Semoga tips ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar